20th Anniversary COP: Misi yang Tak Putus, Aksi yang Tak Pupus

Penulis: Fanny Lesmana, Yohanes Budi Cahyono
Layout dan desain cover: Asthararianty
Jumlah halaman: 91 halaman
Penerbit: Petra Press
Tahun terbit: 2016
ISBN: 978-602-74163-2-1

COP yang menjadi fokus utama topik penulisan buku ini adalah Community Out Reach Program (COP) salah satu program pengabdian masyarakat yang digagas Universitas Kristen Petra Surabaya. Kegiatan COP berawal pada 1996 dengan partner universitas internasional yaitu Dongseo University dari Korea. Saat ini kegiatan COP diikuti mahasiswa UK Petra serta mahasiswa internasional dari berbagai negara partner UK Petra dengan berbagai disiplin ilmu. Buku ini diterbitkan sebagai bentuk penghargaan memperingati 20 tahun perjalanan COP.

Buku ini memberikan gambaran pada pembaca tentang sebuah eksistensi gerakan kepedulian terhadap sesama.

Pada bagian awal buku, pembaca bisa menyimak seluk beluk COP mulai dari pemaparan logo beserta maknanya hingga lagu kebanggan COP. Penulis mencoba memperkenalkan pembaca pada identitas-identitas COP. Sedangkan pada bagian selanjutnya, penulis memaparkan perjalanan perjalanan COP sejak dimulai dengan lokasi awal di wilayah Kabupaten Magetan. Kemudian kegiatan COP berlanjut dengan perpindahan lokasi ke Kabupaten Kediri (2004-2013) dan Kabupaten Mojokerto (2014-sekarang).

Dipaparkan pula pengembangan lokasi COP hingga luar pulau Jawa yaitu cabang COP di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Untuk penyelenggaraan COP di NTT tersebut, Universitas Kristen Petra membangun kerja sama dengan Universitas Katolik Widya Mandira. Pembaca disuguhi beragam tulisan seperti kesan para peserta COP, warga desa lokasi COP, bahkan orang-orang yang berjasa mendukung pelaksanaan COP.

Buku ini memberikan gambaran pada pembaca tentang sebuah eksistensi gerakan kepedulian terhadap sesama. Sekaligus mengajak generasi muda untuk bersedia menjadi bagian dari solusi permasalahan yang ada dalam masyarakat. Melalui ilmu pengetahuan maupun skill yang kita miliki, kita bisa berbagai serta berarti bagi orang lain.

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *