(Bukan) Menulis Biasa

Menulis bukanlah kegiatan yang sulit dilakukan atau perlu ditakuti. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya berupaya menangkal anggapan tersebut melalui sebuah kegiatan pelatihan menulis. Kegiatan yang mengusung tema “Writing By Heart” ini, diselenggarakan pada 25 Agustus 2018 di pusat perbelanjaan Ciputra World Surabaya. Dalam kesempatan itu, panitia mengundang para siswa sekolah menengah atas (SMA) dari berbagai sekolah di Surabaya.

Fanny Lesmana, pembicara pelatihan menulis “Writing By Heart” di Ciputra World Surabaya

Dalam kesempatan tersebut, Fanny Lesmana selaku pembicara memberikan materi “Writing By Heart” sekaligus berbagi tips menulis kepada para peserta.  Pengalamannya di bidang menulis maupun dunia jurnalistik menjadi pelecut para peserta untuk mau mengenal kegiatan menulis dan mengawalinya sebagai sebuah kesenangan. Peserta diajak untuk memahami mengapa kegiatan menulis itu perlu dilakukan. Upaya tersebut untuk menepis anggapan maupun ketakutan peserta untuk mulai menulis. Selanjutnya mereka diperkenalkan pada konsep menulis kreatif yang tidak membatasi ruang gerak penulisnya. Dalam sesi tersebut, peserta juga dibekali dengan pengetahuan tentang tips menulis kreatif mulai dari persiapan hingga proses menulis dilakukan. “Bagian terpenting dari semuanya adalah teruslah berlatih. Jangan pernah berhenti menulis,” ujar Fanny di sela-sela memberikan materi.

Siswa SD dan SMP mengikuti “Writing By Heart” di Kelurahan Tambakrejo Surabaya

Pelatihan menulis “Writing By Heart” oleh Fanny Lesmana kemudian berlanjut pada 26 Agustus 2018 di Kelurahan Tambakrejo, Surabaya. Berbeda dengan pelatihan sehari sebelumnya, pelatihan kali ini mengundang peserta dari kalangan siswa SD juga SMP dari seantero Kota Surabaya. Pelatihan ini diadakan oleh Wahana Visi Indonesia Surabaya untuk menggerakkan budaya membaca dan menulis pada anak-anak.

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *