Dari Bunda Untuk Ananda: Secuil Kisah PAUD di Kota Surabaya

Penulis: Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
Penyunting: Fanny Lesmana
Layout dan desain cover: Asthararianty
Jumlah halaman: 58 halaman
Penerbit: Petra Press
Tahun terbit: 2013
ISBN: 978-979-99765-6-7

Maraknya pertumbuhan Pos Anak Usia Dini (PAUD) di Surabaya, menggugah semangat Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya untuk mengabadikannya dalam sebuah ragam karya jurnalistik berupa tulisan feature. Berlatarbelakang dari tugas perkuliahan, penulis mengangkat sisi suka-duka para pengajar PAUD yang akrab dipanggil “Bunda”. Mereka mengkisahkan perjuangan para Bunda dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, hingga cerita tentang curahan hatinya.

Sebagai kumpulan karya tulisan feature untuk tugas perkuliahan, gaya penulisannya tidak monoton. Penulis mengekspresikan dengan bebas semua mereka lihat, dengar, maupun rasakan. Tiap tulisan memiliki taste yang berbeda, lengkap dengan selipan ekspresi suasana belajar mengajar khas dari tiap PAUD yang mereka datangi.

Pembaca seolah diajak hadir, dan ikut berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar yang mengambil lokasi di 11 PAUD berprestasi di Surabaya.

Format penulisannya disusun berdasarkan urutan abjad nama para penulis. Desain halaman buku terbuat dari kertas jenis artpaper putih dengan cover berwarna cokelat. Aksen warna cokelat diberikan sebagai highlight kutipan paling menarik dalam masing-masing bab tulisan. Simplicity tersebut berpadu dengan warna-warni jepretan fotografi kegiatan para Bunda bersama murid-muridnya.

Buku ini menginspirasi pembaca untuk ikut serta memberikan sumbangan pemikiran dan tenaga untuk perkembangan generasi muda bangsa di PAUD. Tidak cukup kagum saja dengan pertumbuhan kuantitas PAUD di Surabaya, pembaca diajak melihat realitas keseharian di baliknya. Betapa pendidikan generasi muda bangsa ada di tangan institusi formal PAUD beserta tenaga pengajar di dalamnya. Nyatanya mereka masih perlu banyak dukungan baik dari pemerintah maupun masyarakat seperti kita di sekelilingnya. (are)

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *