From Dirt to Art: A Tribute to Surabaya

Penulis: Fanny Lesmana
Layout: Asthararianty
Jumlah halaman: 132 halaman
Penerbit: Petra Press
Tahun terbit: 2011
ISBN: 978-979-19740-2-8

Kepedulian terhadap lingkungan menjadi salah satu tema perayaan ulang tahun Universitas Kristen Petra Surabaya yang ke 50 tatkala tahun 2011. Sebagai perguruan tinggi yang terletak di kota Surabaya, UK Petra menyelenggarakan open house dengan konsep science park sebagai bentuk semangat sekaligus komitmen “go green” seluruh “civitas akademica”. Dalam science park ini tiap jurusan menampilkan kreatifitas pembuatan stand dari barang daur ulang maupun pemanfaatan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Masing-masing jurusan menunjukkan keterkaitan bidang akademisnya dengan isu kepedulian lingkungan serta bentuk partisipasi mereka untuk lingkungan yang lebih baik. Buku “From Dirt to Art: A Tribute to Surabaya” merupakan kumpulan dokumentasi kegiatan science park dalam mendukung lingkungan kota Surabaya yang lebih baik dan lebih hijau. Sekaligus bentuk apresiasi dari UK Petra untuk orang-orang yang telah berpartisipasi dan mendukung kegiatan science park.

Meski ditulis dalam Bahasa Inggris, namun pilihan kata yang digunakan dalam buku ini mudah dimengerti maupun dipahami. Selain itu, juga tampilan grafis sangat mendominasi kemasan buku. Secara garis besar, buku ini dibagi menjadi lima tema yaitu konsep science park, material, para pendukung science park, serta konsep daur ulang dan pemanfaatan kembali yang dilakukan UK Petra. Pada tema para pendukung science park, pembaca akan tidak hanya disuguhi potret tampilan stand dari bahan daur ulang maupun material ramah lingkungan. Anda juga akan menemukan profil singkat tiap-tiap jurusan yang berpartisipasi.

Semangat untuk berkontribusi melalui ide daur ulang dan pemanfaatan kembali bahan-bahan di lingkungan sekitar menjadi inspirasi yang akan ditemukan oleh pembaca. Ini merupakan pencerahan sekaligus motivasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap isu-isu tentang lingkungan hidup. Kalau bukan kita yang berinisiatif mulai peduli dengan lingkungan sekitar saat ini, lantas siapa lagi?

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *