Mangrove Hutan, Wisata, dan Ekonomi

Penulis: Tim Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya
Penyunting: Fanny Lesmana
Layout dan desain cover: Asthararianty
Jumlah halaman: 71 halaman
Penerbit: Petra Press
Tahun terbit: 2014
ISBN: 978-602-71225-0-5

Keberadaan hutan mangrove Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) dan kota Surabaya tidak dapat dipisahkan lagi. Sebagai kota pesisir, Surabaya membutuhkan hutan mangrove untuk melindunginya. Inilah yang melatarbelakangi tema penulisan buku ini yang merupakan kumpulan tugas perkuliahan Teknik Penulisan Feature. Penulis melihat sekaligus mengeksplorasi hutan mangrove Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) tak hanya sebagai pelindung erosi maupun tsunami, namun memiliki potensi lainnya mulai dari wisata hingga ekonomis. Tulisan yang tergabung dalam buku ini merupakan bentuk kepedulian penulis sebagai generasi muda terhadap lingkungan hidup sekitarnya.

Sejalan dengan tema yang diusung, cover buku menggunakan dominasi warna hijau dan bagian depan maupun belakang diberikan ilustrasi gambar rimbunan hutan mangrove. Konsistensi ilutrasi hutan mangrove terus muncul di tiap akhir bab penulisan dan menjadi keunikan tersendiri. Hal tersebut juga jadi semacam pengingat bagi pembaca tentang keberadaan hutan mangrove Pamurbaya.

Melalui buku “Mangrove Hutan, Wisata dan Ekonomi” ini, pembaca akan menemukan aneka kreatifitas ide pengembangan serta pemanfaatan hutan mangrove hingga produk olahannya.  Ini menjadi alternatif bacaan penggugah generasi muda untuk memunculkan ide lainnya sebagai partisipasi bagi kawasan hutan mangrove Pamurbaya. Sejalan dengan itu, buku ini sekaligus sebagai sarana mewariskan nilai-nilai kecintaan terhadap aset kota Surabaya bagi generasi selanjutnya.

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *