Menulis Itu Gampang

Mawar Sharon Christian School menyelenggarakan kegiatan Meet The Author  pada 12 November 2018, dengan bintang tamu Fanny Lesmana. Dalam kesempatan tersebut Fanny Lesmana memberikan pelatihan menulis bagi para siswa. Kegiatan yang berdurasi sekitar 90 menit tersebut diikuti oleh sekitar 69 siswa kelas 9 Mawar Sharon Christian School Junior High.

Mengawali pelatihannya, Fanny Lesmana minta beberapa siswa berbagi masalah yang mereka alami dengan kegiatan menulis. “Kalau malas menulis, ya saya tidak bisa bantu. Itu harus dirimu sendiri yang merubahnya,” jawab Fanny ketika ada siswa yang bercerita malas menulis. Fanny mengingatkan para siswa bahwa nantinya semua pekerjaan membutuhkan kemampuan menulis, setidaknya menulis laporan pekerjaan yang dilakukan. Begitu pula dalam update status di media sosial perlu pengetahuan dan kemampuan menulis supaya tidak menimbulkan kontroversi maupun permasalahan di kemudian hari. Jadi, tak ada alasan lagi dan tidak terbantahkan bahwa menulis itu hal yang penting untuk dipelajari sejak dini.

Kesulitan awal menulis yaitu menemukan ide atau topik tulisan. Bagi siswa yang mau belajar menulis, Fanny Lesmana punya cara mudah menemukan ide atau topik tulisan. Mereka bisa memulainya dari obrolan dengan teman atau orang lain, bacaan yang mereka baca, bahkan hingga pengamatan yang mereka lakukan dalam kesehariannya. Semua yang ada di sekitarnya, bisa mereka jadikan ide untuk mulai menulis. Selanjutnya Fanny Lesmana memberikan tips supaya para siswa jangan berhenti menulis. Semakin sering menulis, akan semakin meningkat kemampuan menulisnya serta semakin mudah menemukan ide-ide untuk menulis selanjutnya.

Kegiatan Meet The Author merupakan sebuah kegiatan yang mempertemukan para siswa dengan para penulis buku. Harapannya, mereka semakin akrab dengan dunia penulisan mulai dari kegiatan menulis hingga penjualan buku di toko

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *