Pejambon 1945: Konsensus Agung Para Pendiri Bangsa

Penulis: Daradjadi, dan Osa Kurniawan Ilham
Penerbit: CV Puspa Wedha (2018)
Tebal buku: 350 halaman

Undang-undang Dasar 1945 begitu juga dengan Pancasila, tak bisa begitu saja dibaca tanpa memahami proses-proses sejarah di baliknya. Sumber utama yang digunakan kedua penulis (Daradjadi dan Osa Kurniawan Ilham) yaitu risalah rapat BPUPK dan PPKI pada 28 Mei sampai dengan 22 Agustus 1945.

Daradjadi dan Osa memunculkan pemaparan proses perdebatan hingga pengambilan kesepakatan para negarawan dalam BPUPK dan PPKI. Proses yang paling melelahkan yaitu pembuatan kesepakatan tentang sila pertama Pancasila. Timbul gesekan dari berbagai pihak yang layak untuk dibaca dalam buku ini. Begitu juga pembuatan kesepakatan untuk sila-sila lainnya juga bisa pembaca temukan dalam buku ini.

Meski bahasan sejarah negara Indonesia adalah hal yang berbobot dibanding bahasan lainnya, kedua penulis berupaya menggunakan bahasa populer dalam penyampaiannya. Harapannya, siapapun yang membaca – meski semula tak miliki ketertarikan pada sejarah sebelumnya – dapat dengan mudah memahami. Dengan demikian, pewarisan sejarah pada generasi selanjutnya dapat terwujud.

Daradjadi dan Osa Kurniawan Ilham (Osa) menghadirkan fakta serta data sejarah yang belum terungkap pada publik sebelumnya.

Penggunaan bahasa populer dalam menyampaikan fakta serta data sejarah tentu ada konsekuensinya. Buku ini cukup tebal karena deskripsi dibuat menyesuaikan dengan pemahaman pembaca pada masa kini. Akibatnya, butuh ruang dan waktu ekstra untuk membaca buku ini sambil melakukan kegiatan sehari-hari. Namun untuk pemula yang ingin mengenal sejarah Indonesia, bisa menjadi awal perkenalan menarik melalui buku ini.

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *