Review Empowered ME (Mother Empowers)

Judul: Empowered ME (Mother Empowers)

Penulis: Puty Puar

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Buku pengembangan diri ini ditulis dan diilustrasikan oleh Puty Puar, seorang ibu yang berprofesi sebagai illustrator dan kreator konten. Meskipun berlatar belakang pendidikan Teknik Geologi, saat ini Puty banyak mengangkat tema mengenai pemberdayaan perempuan, berangkat dari pengalaman dirinya sebagai orang ibu yang berkerja dan aktif dalam berbagai kegiatan.

Puty merasa konsep ‘Ibu Berdaya’ penting untuk dibahas karena peran ibu itu tidak hanya berhenti di lingkup keluarga namun juga dalam masyarakat. Meskipun buku ini spesifik menyebut ‘Ibu’ dalam judulnya tapi masih dapat relevan bagi pembaca dari berbagai kalangan, meskipun tentu saja sudut pandang dan contoh kasus yang diberikan dari sudut pandang seorang ibu.

Poin pertama dan yang paling penting dibahas pada awal buku. Mengenali diri. Dalam cuplikan buku di atas ini ia menyoroti bahwa di zaman serba digital saat ini, dokumentasi pencapaian dan hidup orang lain mudah kita akses. Sering kali hal seperti ini berdampak kepada persepsi kita karena membandingkan diri dengan orang lain. Di akhir bab juga terdapat lembar isian yang dapat kita jawab untuk membantu pembaca mengenali diri sendiri.

Empowered ME

Setelah pembaca telah mengetahui value diri, buku ini menyajikan step-by-step bagi para pembaca bagaimana untuk menentukan tujuan yang ingin kita capai. Tujuan terbagi menjadi tiga yaitu: pendek, menengah, dan panjang. Tak hanya itu, faktor-faktor lain dalam hidup juga perlu dipertimbangkan, untuk itu Puty juga memberikan lembar isian yang mengajak pembaca untuk menentukan aspek mana yang perlu diutamakan. Pembahasan selanjutnya membawa pada menentukan prioritas.

Meskipun buku ini dikemas dengan santai dan berangkat dari pengalaman diri, Puty banyak memuat referensi-referensi pengembangan diri lain seperti Matriks Eisenhower dalam membantu pembaca untuk menentukan skala prioritas. Begitu juga dengan penyusunan rencana dan jadwal. Rencana dapat terbagi dalam periode harian, mingguan, bulanan, sampai tahunan. Hal ini disesuaikan juga dengan jenis tujuan yang telah ditentukan di awal.

Empowered ME dapat menjadi panduan yang ‘ramah’ bagi pembacanya dengan gaya penyampaian santai dan juga lembar isian pada akhir masing-masing subabnya yang mengajak pembaca langsung mengaplikasikan teori-teori yang dibahas.

Empowered ME

Selain gaya bahasa santai dan mudah dipahami, terdapat juga ilustrasi-ilustrasi dengan dialog pendek yang mempertegas kembali poin pembahasan. Secara keseluruhan, buku ini dapat menjadi teman dekat bagi pembacanya untuk mulai mengenal diri dan mengembangkan diri.

Selain buku Empowered ME, Puty Puar juga telah menulis dan mengilustrasikan dua buku lain, yaitu Happiness is Homemade (2018) dan Komik Persatuan Ibu-Ibu (2018). Untuk melihat kontennya dapat mengakses Instagram @byputy dan Twitter @puty.

Back to bantaldanbuku,com

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *