Menjaga Nalar, Mencari Jalan Keluar Dari Pandemi Covid 19: Urun Rembug Universitas Airlangga

Foto: https://jayakartanews.com/

Penulis: Muhammad Nasih, dkk.

Editor: Djoko Santoso, Bagong Suyanto, Koko Srimulyo, Suko Widodo

Penerbit: Universitas Airlangga, Surabaya (2020)

Tebal buku: 381 halaman

Peristiwa pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, telah menghancurkan berbagai sektor sekaligus. Bahkan, krisis yang berawal dari bidang kesehatan tersebut kemudian mampu mengubah gaya hidup manusia secara menyeluruh. Dampak terhebatnya, memicu ancaman krisis global.

Sebagai akademisi, para staf Universitas Airlangga terpanggil untuk ambil bagian. Meski tak tampil di baris terdepan, mereka memberikan sumbangsih buah pemikiran dari multi disiplin ilmu guna mendukung penanganan pandemi tersebut. Semua tulisan mereka telah dipublikasikan di berbagai media massa sebelumnya ataupun seminar-seminar. Meski pemaparan yang diberikan bersifat ilmiah, namun pembaca mudah memahaminya.

Buku ini terbagi menjadi tiga bagian utama pendekatan disiplin ilmu meliputi bidang kesehatan, sosial dan ekonomi, serta kebijakan publik. Ada banyak ulasan baik berupa penelitian maupun pengamatan mendalam yang dibagikan. Salah satu tulisan yang menarik dalam buku ini misalnya, yakni tentang kearifan lokal dalam menghadapi Covid-19. Dalam hal ini penulis mengangkat masyarakat Bali dengan budaya, adat, dan tradisi yang masih dipegang teguh hingga saat ini. Kearifan tersebut nyatanya juga sejalan dengan anjuran pemerintah. Pemaparan tersebut mengingatkan pembaca dalam menyikapi krisis Covid-19 dengan kembali pada kearifan lokal masyarakat Indonesia. Itulah salah satu pendekatan melalui sudut pandang bidang sosial budaya.

Buku ini sangat tebal, dengan jumlah halaman lebih dari 300 lembar. Namun jangan khawatir, tidak akan terasa karena kedalaman pemaparan tiap tulisan yang menarik rasa ingin tahu seputar Covid-19. Buku yang merangkum semua aspek tentang Covid-19 ini bisa dijadikan semacam pegangan mulai dari para pembuat kebijakan hingga masyarakat awam sekalipun. Dengan begitu, Selamat membaca, selamat menambah pengetahuan. Selamat menentukan sikap menghadapi pandemi Covid-19 ini….

Ad Square

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *