Nawa Sanggha: Warna Di Ujung Langit Bali

Penulis: Asthararianty, dan Fanny Lesmana
Layout dan desain cover: Asthararianty
Jumlah halaman: 82 halaman
Penerbit: Petra Press
Tahun terbit: 2014

Nawa Sanggha, salah satu konsep warna yang menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat Bali. Warna merupakan salah satu media dan simbol yang sering dipergunakan masyarakat Hindhu Bali. Khususnya Nawa Sanggha sering kita jumpai dalam ritual keagamaan, seni, arsitektur, bahkan dalam pengobatan. Namun demikian, referensi literatur yang berkaitan dengan Nawa Sanggha masih minim. Banyak yang tahu pemakaian warna secara turun-temurun, namun tak banyak yang memiliki pengetahuan tentang warna. Inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengulasnya melalui karya penggalian arti, makna, dan fungsi Nawa Sanggha secara menyeluruh.

Buku “Nawa Sanggha: Warna Di Ujung Langit Bali” terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama, penulis mengulas seputar pengertian Nawa Sanggha. Pembaca dapat menemukan pengertian filosofi Nawa Sanggha, fokus warna, hingga hal-hal yang terkait dengannya. Bagian selanjutnya, penulis mengajak pembaca lebih dalam lagi masuk ke uraian warna-warna yang ada dalam Nawa Sanggha. Masing-masing uraian ini benar-benar dibuat detail, lengkap dengan bantuan grafis untuk mempermudah pembaca memahaminya. Sedangkan pada bagian terakhir, penulis bercerita tentang pemakaian warna-warna Nawa Sanggha dalam keseharian masyarakat Bali. Pembaca turut dimanjakan dengan ragam potret pemakaian warna-warna tersebut dalam bagian terakhir ini.

Melalui buku ini, penulis ingin berbagi dan pengetahuan dasar dengan bagi generasi muda khususnya generasi muda Bali tentang warna-warna sakral masyarakat Bali. Generasi muda seperti kita sebagai pewaris kebudayaan bagi generasi selanjutnya perlu mengenal dan memahami kearifan lokal Indonesia. Bukankah kebudayaan nasional berakar dari kearifan lokal yang ada di dalamnya?

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *