Kisah Senyap Inyo

Penulis: Fanny Lesmana dan Asthararianty
Lay Out dan Desain Cover: Asthararianty
Penerbit: Qiara Media
Tebal buku: 107 halaman
Tahun terbit: 2021

Ada yang pernah berkata, kesempurnaan 100 persen hanya milik Tuhan semata. Tetapi, jika angkanya diturunkan 10 persen, sosok Frederik Jones Syaranamual-lah yang cocok untuk menempati angka tersebut. Hampir sempurna.

Kalimat tersebut bukan tanpa alasan. Setidaknya bagi orang-orang yang hampir sepanjang hidupnya bersama-sama dengan seorang ayah, suami, guru, rekan kerja, hingga pelayan Tuhan ini. Pernyataan-pernyataan mereka bisa Kawan simak di dalam buku ini.

Seorang pengajar senior di Universitas Kristen Petra Surabaya ini dikisahkan sangat dicintai oleh orang yang pernah mengenalnya ketika hidup. Ia dikenal sebagai pribadi yang selalu mengalah, sabar, bijaksana, dan tidak pernah marah.

Buah-buah kebaikan tersebut turut mengantarkannya menjadi orang kepercayaan dalam tiap pekerjaan yang ia lakukan. Menjadi ‘tangan kanan’ orang nomor satu di berbagai tempat, selalu dipercayakan kepada Jones, atau yang akrab dikenal oleh keluarga sebagai Inyo. Sikap takut akan Tuhan selalu ia genggam erat, kemudian berbuah dalam bentuk integritas.

Biografi yang kata-katanya dikemas layaknya sebuah novel, menjadi pembeda dalam buku ini. selain itu beberapa detail-detail menarik seperti: judul bab yang hanya bertuliskan ‘lembar’, untaian kata indah dari orang terdekat, hingga desain sampul yang minimalis, menambah kenikmatan dalam membaca. Tak hanya aspek-aspek tersebut, buku ini juga mengulas beragam perspektif kehidupan. Cinta, karier, keluarga, kehidupan sosial, hingga kematian, semua terangkum dalam setiap halaman buku.

Secara visual, buku ini tidak hanya berisi kata-kata semata. Potongan gambar dari perjalanan hidup laki-laki yang memiliki keturunan dari Maluku ini, turut menghiasi bab-bab buku yang ada. Buku ini juga memiliki ukuran yang nyaman untuk dibawa, dan tidak memakan tempat apabila disimpan di sebuah tempat.

 

“Sesakit apa pun yang dirasakannya, Inyo tak pernah mengeluh. Inyo tidak ingin merepotkan orang lain. Sebaliknya, sebisa mungkin, ialah yang membantu orang lain”

 

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *